Selasa, 04 Januari 2022

Serah Terima Mahasiswa Magang 1, 2, dan 3 IAIN Kediri di MTsN 5 Nganjuk

(MTsN 5 Nganjuk) - Selasa (4/1/2022), telah dilaksanakan kegiatan serah terima 32 mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri dalam pelaksanaan Program Magang 1, 2, dan 3 Tahun Pelajaran 2021/2022 antara IAIN Kediri dan MTsN 5 Nganjuk di ruang guru.

Mewakili Rektor dan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Magang (DPM), Muniron, menyampaikan bahwa schedule pelaksanaan Magang-1 (8 mahasiswa) 3 - 15 Januari 2022, Magang-2 (12 mahasiswa) 17 - 29 Januari 2022, dan Magang-3 (12 mahasiswa) 3 Januari - 12 Pebruari 2022.

Muniron menyampaikan bahwa walaupun mahasiswa yang mengikuti kegiatan magang 1, 2, dan 3 di MTsN 5 Nganjuk telah menerima pembekalan khusus dan juga sudah dibekali teori-teori mengajar di kampusnya, tetapi dalam implementasi dan prakteknya tentu akan sangat berbeda. Untuk itu, Beliau memohon kepada semua pihak khususnya para guru pamong untuk memberikan pendampingan, bimbingan, dan arahan kepada para mahasiswa.

Lebih lanjut, Muniron menjelaskan bahwa fokus dari mahasiswa magang 1 adalah pada budaya akademik di madrasah. Mahasiswa magang 2 difokuskan pada penuyusunan perangkat pembelajaran. Sementara itu mahasiswa magang 3 fokus pada praktek pembelajaran di kelas, pendampingan peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler, dan penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Sementara itu, wakil kepala bidang kesiswaan, Mahsun, mewakili Kepala MTsN 5 Nganjuk, menyambut baik kerjasama antara MTsN 5 Nganjuk dan IAIN Kediri yang beliau sebut sebagai simbiosis mutualisme. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa sudah sejak 4 tahun yang lalu MTsN 5 Nganjuk dan IAIN Kediri telah mendandatangi Nota Kesepahaman (MoU) dalam bidang struktural, yaitu praktek pengalaman mengajar atau dulu disebut PPL dan sekarang dinamakan Magang 1, Magang 2, dan Magang 3. (ato')

Galery: