Sabtu, 05 Januari 2019

Serah Terima Mahasiswa Magang dan PPL IAIN Kediri di MTsN 5 Nganjuk

(MTsN 5 Nganjuk) - Mengawali kegiatan pembelajaran di Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ini, MTsN 5 Nganjuk kembali dipercaya sebagai tempat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. MTsN 5 Nganjuk telah lama menjalin kerjasama dengan IAIN Kediri (yang dulu bernama STAIN Kediri) dalam bidang akademik khususnya yang berkaitan dengan kewajiban mahasiswa dalam bidang struktural, yaitu Praktek Pengalaman mengajar atau biasa disebut PPL.
Hari ini, Sabtu (5/1/2019) dua puluh enam orang mahasiswa IAIN Kediri secara resmi diserahterimakan antara  pihak IAIN Kediri dan MTsN 5 Nganjuk. Sesuai jadwal, kegiatan PPL akan dilaksanakan mulai tanggal 3 Januari - 7 Pebruari 2018. Penyerahan mahasiswa diwakili oleh Zakiatus Soimah selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Sementara itu, dari pihak MTsN Nganjuk diwakili langsung oleh Kepala Madrasah, H. Sutopo.
Perlu diinformasikan bahwa kegiatan PPL tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini kegiatan PPL terdiri dari beberapa kelompok, yaitu: Magang 1, Magang 2, dan PPL 2. Magang 1: Tanggal 3 s/d 17 Januari 2019, Magang 2: Tanggal 24 Januari s/d 7 Pebruari 2019. Sementara PPL 2 merupakan kegiatan praktek mengajar bagi mahasiswa yang masih menggunakan format PPL.
Dalam sambutannya, Zakiatus Soimah menyampaikan bahwa secara umum tujuan yang ingin di capai dalam pelaksanaan Magang dan PPL adalah terbentuknya pribadi calon pendidik yang profesional sekaligus memiliki seperangkat pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap yang cakap dan tepat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran. 
Lebih lanjut, Zakiatus Soimah juga menyampaikan bahwa mulai Tahun Pelajaran 2018/2019 ini, kegiatan PPL di IAIN Kediri di rubah menjadi beberapa tahap, yaitu: Magang 1, Magang 2, dan Magang 3. Magang 1 mahasiswa melaksanakan kegiatan pengamatan proses KBM, Magang 2 mahasiswa belajar lebih jauh sekaligus praktik membuat perangkat pembelajaran, dan Magang 3 mahasiswa melakakukan kegiatan praktek mengajar. (ato')
Galery: