Senin, 14 Juni 2021

MTsN 5 Nganjuk Adakan Penyuluhan dan Screening Kesehatan

(MTsN 5 Nganujuk) - MTsN 5 Nganjuk kembali menjalin kerjasama dengan Puskesmas Kota Nganjuk dalam "penjaringan" kesehatan siswa/i kelas VIII. Penjaringan kesehatan atau biasa disebut sreening kesehatan akan dilaksanakan selama dua hari, 14 - 15 Juni 2021.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan screening yang biasanya langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan fisik meliputi: pemeriksaan tinggi badan, berat badan, dan kesehatan penglihatan, dll, kali ini kegiatan screening diawali dengan kegiatan penyuluhan kesehatan.

Penyuluhan kesehatan meliputi: Bahaya Merokok, HIV & AIDS, ODGJ, dan HDR. Petugas kesehatan menjelaskan panjang lebar tentang bahaya merokok dan mafaat berhenti/tidak merokok. Dilanjutkan dengan penjelasan tentang infeksi HIV jika tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Lebih lanjut, peserta penyuluhan juga mendapatkan penjelasan tentang Orang Dengan Gangguan jiwa (ODGJ) yang merupakan manifestasi dari bentuk penyimpangan perilaku akibat adanya distorsi emosi sehingga ditemukan ketidakwajaran dalam hal bertingkah laku.

Terakhir, petugas kesehatan menjelaskan tentang Harga Diri Rendah (HDR) yang merupakan perasaan tidak berharga, tidak berarti yang berkepanjangan akibat evaluasi negatif terhadap diri sendiri dan kemampuan diri. Harga diri rendah berhubungan dengan hubungan interpersonal yang buruk terutama menonjol pada klien skizofrenia.

Galery: