Senin, 13 Maret 2023

Adakan Penyuluhan Kantin Sehat, MTsN 5 Nganjuk Gandeng Team Kesehatan Puskesmas Kota Nganjuk

(MTsN 5 Nganjuk) - Senin (13/3/2023), Kantin Sehat Madrasah adalah suatu fasilitas atau unit kegiatan di madrasah yang memberi layanan pendukung bagi kesehatan warga madrasah. Kantin sehat harus dapat menyediakan makanan utama dan makanan ringan yang menyehatkan, yaitu bergizi, higienis, bebas dari 5 P ( pengawet, penyedap, pemanis, pewarna dan pengenyal) dan aman dikonsumsi oleh peserta didik dan warga sekolah lainnya.

Sebagai bagian dari tanggung jawab madrasah bagi siswa/i nya dalam hal ketersediaan makanan dan jajanan yang higienis, sehat, dan bergizi, maka pada Rabu (8/3/2023) MTsN 5 Nganjuk menggandeng Team Kesehatan Puskesmas Kota Nganjuk untuk memberikan penyuluhan kantin sehat. Penyuluhan diberikan kepada semua penegelola kantin di madrasah.

Manfaat kantin sehat adalah membantu pertumbuhan dan kesehatan siswa dengan jalan menyediakan makanan yang sehat, bergizi dan praktis. Mendorong siswa untuk memilih makanan yang cukup dan seimbang. Untuk memberikan pelajaran sosial kepada siswa.

Bahaya makanan dan jajanan yang kurang/tidak sehat adalah siswa yang mengkonsumsi dapat mengalami gangguan pencernaan, diare, thypus maupun infeksi saluran pencernaan lainnya. Oleh karena itu, dalam perilaku hidup bersih dan sehat ditekankan tentang makanan dan jajanan di kantin sekolah, hal ini menjadi penting untuk menyediakan jajanan yang sehat, aman dan hygienis di kantin sekolah. (Atoillah/Photo: Tim UKS)

Galery: