Rabu, 04 Maret 2020

Peringatan Isro' Mi'roj dan Istighotsah Kubro Jelang Penialian Akhir Kelas IX

(MTsN 5 Nganjuk) – MTsN 5 Nganjuk menggelar acara Peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW 1441 H bersama KH. M. Najib Muhammad dari Denanyar Jombang pada Rabu (4/3/2020). Acara ini digelar rutin setiap tahun bertepatan dengan akan dilaksanakannya UMBK, UAMBNBK dan UNBK. Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan isro' mi'roj dimulai pukul 05.30 WIB diawali dengan Khotmil Quran, Sholat Hajad, Sholat Dhuha, dan Istighotsah Kubro seluruh siswa kelas IX bersama para orang tua masing-masing siswa.
Sebelum KH. M. Najib Muhammad menyampaikan ceramahnya, terlebih dahulu kepala MTsN 5 Nganjuk, H Sutopo, dalam pidatonya menyampaikan bahwa acara istighotsah kelas IX sebelumnya telah rutin dilaksanakan setiap hari Jum’at sore sejak memasuki semester genap. Kegiatan istighotsah rutin setiap jum'at sore merupakan bagian dari usaha ruhaniah dalam menghadapi ujian akhir (UMBK, UAMBNBK, dan UNBK).
Kepada seluruh siswa kelas IX,  Kepala Kankemenag Kab. Nganjuk, H. Taufiqqurrahman,  menyampaikan akan pentingnya keseimbangan antara usaha lahir (Belajar) dan usaha batin (berdo'a). Beliau juga mewanti-wanti siswa kelas IX untuk senantiasa patuh dalam melaksanakan tugas sebagai siswa (di madrasah), sebagai anak (di rumah), sebagai manusia (di masyarakat), dan sebagai makhluk (terhadap sang Khaliq).
Sementara itu, dalam ceramah ilmiahnya, KH. M. Najib Muhammad, menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada pemisahan antara ilmu dunia dan ilmu agama/akherat. semua ilmu itu datangnya dari Allah, sehingga semua ilmu itu adalah ilmu akherat. Beliau mengajak untuk menjadi orang yang benar dan pintar. Kalau tidak bisa pintar maka harus benar, karena orang yang benar lebih utama dari pada orang yang hanya pintar tapi berbuat tidak benar. (ato')
Galery: