(MTsN 5 Nganjuk) - Hari ini, Kamis (21/8/2025), MTsN 5 Nganjuk bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Ruangguru menyelenggarakan kegiatan Refreshment “Kelas Inspiratif” yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9. Kegiatan ini berlangsung di lingkungan madrasah dengan suasana penuh semangat dan antusiasme dari para peserta.
Secara umum, Kelas Inspiratif ini
berisi sosialisasi mengenai metode belajar yang efektif dan menyenangkan,
sehingga siswa dapat lebih termotivasi dan memiliki strategi dalam menghadapi
pelajaran sehari-hari. Materi yang disampaikan dikemas interaktif, sehingga
siswa merasa lebih mudah memahami dan tidak jenuh selama mengikuti kegiatan.
Selain itu, secara khusus
kegiatan ini juga memberikan perhatian khusus kepada siswa kelas 8 yang telah
terpilih menjadi peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2025. Mereka
berkesempatan mengikuti try out ANBK yang dirancang untuk melatih kesiapan
siswa menghadapi ujian utama yang akan berlangsung pada 25–26 Agustus 2025
mendatang.
Kepala MTsN 5 Nganjuk, Bapak H.
Hadi Sapuan, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Ruangguru yang
turut mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah. “Kegiatan ini
menjadi sarana positif untuk menambah wawasan siswa sekaligus menyiapkan mereka
menghadapi tantangan akademik, termasuk ANBK tahun ini,” ujarnya.
Para siswa terlihat antusias
mengikuti rangkaian kegiatan. Mereka tidak hanya mendapatkan pemahaman tentang
teknik belajar yang efektif, tetapi juga pengalaman berharga mengikuti simulasi
soal-soal asesmen. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri
sekaligus meningkatkan hasil belajar mereka.
Dengan adanya kegiatan Kelas
Inspiratif ini, MTsN 5 Nganjuk berharap para siswa mampu mengoptimalkan potensi
mereka, baik dalam pembelajaran sehari-hari maupun dalam menghadapi ujian
nasional. Kolaborasi antara madrasah dengan pihak eksternal seperti Ruangguru
menjadi langkah strategis dalam mewujudkan mutu pendidikan yang unggul dan
berdaya saing. (Atoillah/Photo: Atoillah)
Galery: