Senin, 14 Agustus 2017

MTsN 5 Nganjuk Gelar Upacara Hari Pramuka Ke-56


(MTsN 5 Nganjuk) - Senin (14/8/2017), MTsN 5 Nganjuk menggelar upacara peringatan Hari Pramuka di lapangan Basket Madrasah. Upacara dipimpin langsung oleh Kamabigus Pangkalan MTsN 5 Nganjuk Gudep 01.99 dan 01.100, Sutopo. Tahun 2017 ini adalah tahun ke-56 Gerakan Pramuka Indonesia memperingtai hari ulang tahunnya. Perlu diketahui, tema Hari Pramuka ke-56 adalah: "Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik bagi Bangsa".
Selain menggelar Upacara Peringatan Hari Pramuka di lapangan Basket Madrasah, sebagian siswa ada yang dikirim mengikuti upacara serupa di Kantor Kecamatan Kota Nganjuk. Dalam Upacara di Kantor Kecamatan Kota Nganjuk tersebut sejumlah Pembina Pramuka Pangkalan MTsN 5 Nganjuk Gudep 01.99 dan 01.100 mendapatkan penghargaan dari Kwarcab Gerakan Pramuka Nganjuk atas prestasinya selama ini.
Sementara itu, dalam memimpin upacara, Sutopo, membacakan teks sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Dr. H. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si. Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi dari sambutan tersebut, diataranya adalah gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak- anak dalam keluarga, dan pendidikan formal di sekolah. Hal ini mengingat pendidikan   formal   saja   tidaklah   cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter. 
Sedangkan peranan keluarga sebagai pelaku pendidik informal yang dilakukan orang tua dalam membentuk karakter anak-anak sangatlah penting. Sementara persoalan kaum muda sering  terjadi  diantara  rumah  dan sekolah, maka menjadi penting peranan gerakan pramuka dalam mengatasi permasalahan kaum muda yang sering terjadi dewasa ini. Kerjasama sinergis antara lembaga pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal dalam keluarga sangatlah penting dan menjadi keharusan demi mewujudkan kaum muda yang lebih baik. (ato)
Galery: