Kamis, 27 September 2018

Selama Dua Hari, MTsN 5 Nganjuk Gelar Screening Kesehatan

(MTsN 5  Nganjuk) - Kamis (27/9/2018), selama dua hari, Rabu s/d Kamis 26-27 September 2018, MTsN 5 Nganjuk menggelar kegiatan Screening Kesehatan berkala dengan bekerjasama dengan Puskesmas Kota Nganjuk. Screening kesehatan atau pemeriksaan kesehatan dilakukan secara rutin yang kali ini difokuskan kepada para Siswa-siswi kelas VII MTsN 5 Nganjuk.
Salah satu tujuan terpenting dari screening kesehatan adalah "penjaringan" kesehatan para peserta didik. Maksudnya adalah menjaring dan mendeteksi penyakit yang diderita oleh Siswa-siswi sejak dini. Dengan mengetahui penyakit sejak dini, maka tindakan pengobatan dapat segera dilaksanakan oleh para petugas puskesmas baik pengobatan langsung di madrasah maupun dengan dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.
Seperti biasanya, screening kesehatan diawali dengan pengisian formulir kesehatan oleh Petugas Puskesmas yang dibantu oleh Kader Kesehatan Remaja (KKR) MTsN 5 Nganjuk. Setelah mengisi formulir, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan reproduksi, kesehatan mental emosional, pemeriksaan status gizi, dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan kesehatan fisik meliputi: pemeriksaan kesehatan penglihatan, kesehatan pendengaran,kesehatan gigi dan mulut.
Sementara itu, Kepala MTsN 5 Nganjuk, Sutopo, menekankan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala. Jangan hanya pergi ke puskesmas atau rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan pada saat tubuh sudah terserang penyakit. Contohlah negara maju, dimana masyarakatnya sudah menjadikan pemeriksaan kesehatan berkala/medical check up sebagai gaya hidup. (ato)
Galery: