Senin, 01 Oktober 2018

SKAL: Ziaroh Auliya' dan Study Tour 2018

(MTsN 5 Nganjuk) - Senin (1/10/2018), Sejak hari Jum'at (28/9/2018) sampai dengan hari Senin dini hari (30/9/2018) seluruh siswa kelas VIII MTsN Nganjuk mengikuti kegiatan Studi Kenal Alam dan Lingkungan (SKAL)  Ziaroh Auliya' dan Study Tour Tahun 2018. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengadakan pengamatan secara langsung pada obyek belajar serta untuk mengetahui informasi dari dekat sejarah dakwah Agama Islam di Tanah Jawa khususnya oleh Para Anggota Wali Songo di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada masa lalu.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tiga malam ini merupakan kegiatan rutin di MTsN 5 Nganjuk bagi Siswa-siswi kelas VIII. Kegiatan SKAL tersebut dimanfaatkan sebagai praktikum mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam belajar menyusuan Karya Tulis. Selain itu, siswa secara langsung diajarai tentang berbagai hal dan tata cara serta aturan berziarah kubur. Pun, mereka juga praktek secara langsung melakukan Sholat Qoshor, Sholat Jamak Ta'dim, dan Sholat Jamak Ta'khir dengan berbagai aturan dan tata caranya.
Kegiatan SKAL tahun ini, mengunjungi  sebelas (14) obyek, yaitu: Masjid Nasional Al-Akbar - Surabaya, Makam Sunan Ampel - Surabaya, Makam Sunan Giri - Gresik, Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim - Gresik,  Makam Sunan Drajad - Lamongan, Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi - Tuban, Makam Sunan Bonang - Tuban, Makam Sunan Muria - Kudus, Makam Sunan Kudus - Kudus, Makam Sunan Kalijaga - Demak, Makam Kyai Raden Santri - Magelang, Borobudur - Magelang, Pantai Parangtritis - Yogyakarta, dan Malioboro - Jogjakarta.
Menurut Kepala MTsN 5 Nganjuk, Sutopo, salah satu tujuan kegiatan SKAL adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan agama dan pengetahuan umum kepada para siswa kelas VIII dengan cara praktek secara langsung. Ada berbagai ilmu yang bisa didapat dari kegiatan ini, di antaranya adalah Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Fiqh, Sejarah Umum, dan Bahasa Indonesia. (ato)
Galery: