Jumat, 17 Juni 2022

MTsN 5 Nganjuk Jalin Kerjasama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Selenggrakan Perpustakaan Keliling

(MTsN 5 Nganjuk) - Jum'at (17/06/2022), Perpustakaan merupakan institusi atau lembaga yang menyediakan koleksi bahan pustaka tertulis, tercetak dan terekam sebagai pusat sumber informasi yang diatur menurut sistem dan aturan yang baku dan didayagunakan untuk keperluan pendidikan, penelitian penyebaran informasi dan rekreasi intelektual bagi masyarakat. 

Agar siswa/i MTsN 5 Nganjuk dapat juga menikmati layanan informasi untuk meningkatkan pengetahuannya, selain perpustakaan yang sudah ada di lingkungan madrasah, MTsN 5 Nganjuk menjalin kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip  Daerah Kota Nganjukmenyelenggarakan sarana yang cocok, yaitu Perpustakaan Keliling. 

Perpustakaan keliling ialah perpustakaan di mana bahan bacaan dibawa berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain, pelayanan pada masyarakat dilaksanakan langsung di tempat dimana perpustakaan berpos, kemudian bahan bacaan yang tidak dipinjam dibawa pulang.

Adanya layanan perpustakaan keliling diharapkan dapat mengurangi kesenjangan dalam mendapatkan informasi. Kesenjangan ini terjadi disebabkan oleh baik faktor kultural maupun faktor struktural. Yang dimaksud dengan faktor kultural adalah apabila ketertinggalan informasi itu karena kurangnya daya juang seseorang untuk memperolehnya, karena malas, tidak ada dukungan dari tradisi, atau lingkungan. Sedangkan apabila ketertinggalan informasi itu karena tidak tersedianya akses kepada sumber informasi, karena ketidakadilan atau karena ketidakpedulian pemerintah terhadapa kehidupan rakyatnya , ini disebut dengan faktor struktural. (ato')

Galery: