Selasa, 14 Juni 2022

Pengukuhan, Pelantikan, dan Pemantapan Pramuka Penggalang Garuda Gugus Depan 01.099 dan 01.100 Tahun 2022

(MTsN 5 Nganjuk) – Selasa (14/06/2022), berlokasi di halaman tengah madrasah, MTsN 5 Nganjuk menggelar kegiatan Pelantikan Pramuka Penggalang Garuda.  Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dengan menghadirkan bapak ibu wali murid dari 22 siswa-siswi yang akan dilantik. Turut hadir kakak – kakak pembina pramuka dari Kwartir Ranting dan Kwartir Cabang Kabupaten Nganjuk.

Pramuka Penggalang Garuda ialah tingkat tertinggi dalam golongan penggalang. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

kedua puluh dua siswa-siswi tersebut telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Penggalang Garuda setelah lolos uji kelayakan oleh kwartir baik dari segi mental maupun dari sisi kelayakan persyaratan. Bukan hanya dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, 22 siswa-siswi tersebut juga lolos tes wawancara oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat.

Sementara itu, Dewan pembina pramuka dalam sambutannya menegaskan bahwa untuk menjadi penggalang pramuka garuda tidak di dapat dengan cara instan namun harus menyelesaikan ujian SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus). Penggalang pramuka garuda adalah tingkatan tertinggi pada tingkat penggalang, yakni setelah penggalang ramu, penggalang rakit dan penggalang terap. 

Upacara di tutup dengan pembacaan doa oleh petugas upacara. Dan dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh siswa siswi yang dilantik beserta seluruh kakak pembina pramuka.

Salam pramuka!!! (ato'/Photo: Farid)

Galery: