Selasa, 25 Oktober 2016

KKR MTsN Nganjuk Dampingi Petugas Puskesmas Adakan Penjaringan dan Pemeriksaan Kesehatan Berkala Peserta Didik

(MTsN Nganjuk) - Pagi ini, Selasa (25/10/2016), sejumlah anggota Kader Kesehatan Remaja (KKR) MTsN Nganjuk turut mendampingi kegiatan pemeriksaan berkala  para siswa-siswi kelas VII MTsN Nganjuk. Kegiatan penjaringan dan pemeriksaan kesehatan ini telah dijadwalkan secara berkala  oleh pihak madrasah dan menjalin kerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Kota Nganjuk. 
Kegiatan Penjaringan dan Pemeriksaan Kesehatan ini diawali dengan pengisian formulir Kesehatan oleh Petugas Puskesmas yang dibantu oleh Kader Kesehatan Remaja (KKR) MTsN Nganjuk. Setelah mengisi formulir, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan reproduksi, kesehatan mental emosional, pemeriksaan status gizi, dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan kesehatan fisik meliputi: pemeriksaan kesehatan penglihatan, kesehatan pendengaran,kesehatan gigi dan mulut.
KKR MTsN Nganjuk merupakan Kader Kesehatan Remaja yang dibentuk untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pelayanan kesehatan terhadap diri sendiri, keluarga, teman pada khususnya dan madrasah pada umumnya. Mereka  memiliki pengetahuan tentang kesehatan remaja yang mau membantu bersama-sama memecahkan permasalah kesehatan khususnya pada remaja.
Ada banyak manfaat dari penjaringan dan pemeriksaan kesehatan berkala yang diadakan oleh MTsN Nganjuk ini. Diantaranya adalah kegiatan ini mampu menjaring dan mendeteksi penyakit yang diderita oleh siswa-siswi sejak dini. Dengan mengetahui penyakit sejak dini, maka tindakan pengobatan dapat segera dilaksanakan oleh para petugas puskesmas baik pengobatan langsung di madrasah maupun dengan dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit.
Sementara itu, Kepala MTsN Nganjuk, H.M. Nurcholis, menekankan pentingnya pemeriksaan kesehatan berkala. Jangan hanya pergi ke puskesmas atau rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan pada saat tubuh sudah terserang penyakit. Contohlah negara maju, dimana masyarakatnya sudah menjadikan pemeriksaan kesehatan berkala/medical check up sebagai gaya hidup. (ato)
Galery: