Rabu, 10 Mei 2017

Haflah Muwadda'ah dan Wisuda Purna Siswa MTsN 5 Nganjuk

(MTsN 5 Nganjuk) - Hari ini, Rabu (10/5/2017) MTsN 5 Nganjuk menggelar Perayaan Perpisahan (Haflah Muwadda'ah) kelas IX yang dua hari lalu baru saja menyelesaikan kegiatan UNBK. Kegiatan Haflah Muwadda'ah yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB tersebut dibarengi dengan acara Wisuda Purna Siswa kelas IX. Kali ini, acara yang digelar rutin setiap tahun tersebut dipusatkan di halaman tengah madrasah dengan dihadiri Kepala Kankemenag Kab. Nganjuk yang diwakili oleh Kasi PD Pontren, Mujaib.
Seperti umumnya perayaan haflah muwadda'ah yang diselenggaran di tempat yang lain, kegiatan haflah muwadda'ah di MTsN 5 Nganjuk pagi ini diawali dengan sajian-sajian berbagai kreatifitas seni dari para siswa kelas VII dan VIII. Namun dibanding haflah muwadda'ah tahun yang lalu, tahun ini ada yang sedikit berbeda yaitu adanya penampilan gamelan jawa (karawitan) yang menyanyikan gending-gending islami berbahasa jawa yang dibawakan oleh siswa-siswi kelas VIII.
Setelah kegiatan Haflah Muwadda'ah selesai, acara dilanjutkan dengan prosesi Wisuda Purna Siswa kelas IX yang dipimpin langsung kepala madrasah, Sutopo. Lalu dilanjutkan dengan Ceramah Ilmiah oleh Kasi PD Pontren Kankemenag Kab. Nganjuk, Mujaib. Dalam ceramahnya, beliau mengajak kepada seluruh siswa-siswi kelas IX untuk menghidupkan kembali Pondok Pesantren. Menurut Beliau, saat ini Pondok Pesantren keadaanya sangat meprihatinkan jika dilihat dari jumlah santri dan sarana dan prasarana yang ada. 
Namun, masih menurut Beliau, Kemenag telah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak untuk menghidupkan kembali pondok pesantren. Di antaranya adalah bekerja sama dengan Negara Turki untuk memberikan beaiswa penuh kepada para santri serta membangun beberapa pondok pesantren modern yang sarana dan prasarananya layaknya hotel berbintang. "Pondok pesantren modern hasil kerja sama Kemenag dan Pemerintah Turki telah dibangun di beberapa tempat di Jawa Timur. Salah satunya ada di Kab. Nganjuk, tepatnya di Kertosono". Pungkas beliau. (ato)
Galery:
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut