Minggu, 20 Oktober 2019

Melalui Wadah Bulan Bahasa, MTsN 5 Nganjuk Menyukseskan Gerakan Sadar Berliterasi

(MTsN 5 Nganjuk) - Ahad (20/10/2019), setiap bulan Oktober Bangsa Indonesia merayakan Bulan Bahasa Indonesia. Bangsa Indonesia terbentuk dari beragam suku dan bahasa. Menurut Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berdasarkan Summer Institute of Linguistics menyebut jumlah bahasa di Indonesia sebanyak 719 bahasa daerah dan 707 di antaranya masih aktif dituturkan. Sementara itu, Unesco baru mencatatkan 143 bahasa daerah di Indonesia berdasarkan status vitalitas atau daya hidup bahasa.
MTsN 5 Nganjuk, yang sedang "menggeliatkan" Gerakan Ayo Membangun Madrasah (GERAMM) yang salah satu gerakannya adalah Gerakan Literasi Madrasah (GELEM) turut menyukseskan kegiatan tersebut dengan gerakan sadar berliterasi. Salah satu bentuknya adalah dengan menyelenggarakan lomba mendongeng, lomba nasyid, lomba nembang langgam jawa, dan lomba Vlog untuk kelas VII, VIII, dan IX pada Jum'at (18/10/2019).
Menurut Ketua Panitia Peringatan Bulan Bahasa, Wiwik Muji Astutik, alasan bulan Oktober dipilih sebagai bulan bahasa dan sastra merujuk pada sejarah bangsa. Pada bulan Oktober ini, tepatnya 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah pemuda, ditetapkan pula bahasa resmi yang akan digunakan untuk bermasyarakat, yakni bahasa Indonesia. (ato')
Galery:
 
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut