Senin, 14 Oktober 2019

Gandeng Puskemas Kota Nganjuk, MTsN 5 Nganjuk Kembali Gelar Screening Kesehatan

(MTsN 5  Nganjuk) - Selama dua hari Senin s/d Selasa 14-15 Oktober 2019 MTsN 5 Nganjuk kembali menggelar kegiatan screening kesehatan berkala dengan bekerjasama dengan Puskesmas Kota Nganjuk. Kegiatan screening kesehatan atau pemeriksaan kesehatan dilakukan secara rutin setiap tahun yang yang difokuskan pada siswa-siswi kelas VII.
Salah satu tujuan terpenting dari screening kesehatan adalah "penjaringan" kesehatan para peserta didik. Maksudnya adalah menjaring dan mendeteksi penyakit yang diderita oleh Siswa-siswi sejak dini. Dengan mengetahui penyakit sejak dini, maka tindakan pengobatan dapat segera dilaksanakan oleh para petugas puskesmas baik pengobatan langsung di madrasah maupun dengan dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.
Seperti biasanya, screening kesehatan diawali dengan pengisian formulir kesehatan oleh Petugas Puskesmas yang dibantu oleh Kader Kesehatan Remaja (KKR) MTsN 5 Nganjuk. Setelah mengisi formulir, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan reproduksi, kesehatan mental emosional, pemeriksaan status gizi, dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan kesehatan fisik meliputi: pemeriksaan kesehatan penglihatan, kesehatan pendengaran,kesehatan gigi dan mulut. (ato')
Galery: