Senin, 12 September 2016

Ikuti Jejak Nabi Ibrahim AS, Siswa-Siswi MTsN Nganjuk Gelar Sholat Idul Adha dan Sembelih Hewan Qurban

(MTsN Nganjuk) - Senin (12/09/2016), takbir, tahlil dan tahmid kembali menggema di MTsN Nganjuk sekaligus menyertai saudara-saudara muslim yang datang menunaikan panggilan agung ke tanah suci guna menunaikan ibadah haji, rukun Islam yang kelima. Bersamaan dengan ibadah mereka di tanah suci,  seluruh siswa-siswi, guru dan karyawan MTsN Nganjuk, beserta masyarakat sekitar madrasah  melaksanakan Sibadah pemotongan hewan qurban setelah shalat Idul Adha di halaman tengah madrasah. Apa yang dilakukan hari ini, hanya mempunyai satu tujuan, untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha, serangkaian kegiatan telah disusun oleh pihak madrasah beserta OSIS MTsN Nganjuk. Kegiatan dimulai dengan i'tikaf dan takbir bersama semalam suntuk di masjid Ulul Albab MTsN Nganjuk. Kegiatan berikutnya adalah Sholat Idul Adha berjama'ah dan dilanjutkan dengan syukuran bersama warga sekitar. Acara hari ini diakhiri dengan pemotongan hewan qurban, seekor sapi dan dua ekor kambing dan dilanjutkan dengan pembagian daging qurban kepada warga sekitar madrasah dan wali siswa yang telah dipilih beberapa hari sebelumnya.
Masih dalam rangka kegiatan menyambut Idul Adha, kegiatan manasik haji telah disiapkan untuk digelar pada esok hari, Selasa (13/09/2016). Kegiatan manasik haji ini akan diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas dan dirancang untuk membimbing peserta didik secara sistematis dan terarah untuk dapat melakukan suatu ketrampilan berhaji. Tujuan selanjutnya adalah memperkenalkan ibadah haji, rukun islam yang kelima ini sejak dini.
Sementara itu, H.M. Nurcholis selaku Kepala MTsN Nganjuk, di sela-sela penyembelihan hewan qurban mengatakan, bahwa terdapat banyak sekali kisah tentang pengorbanan, baik kisah-kisah dalam Al Qur’an, sirah nabi, dan kisah para sahabat. Diantaranya, kisah Nabi Ibrahin AS. yang diperintahkan oleh Allah SWT. untuk menyembelih naNabi Ismail. Lalu kisah Qobil dan Habil putra Nabi Adam AS. Demikian juga kisah Uwais Al Qorni juga dapat dijadikan pelajaran hidup dan contoh serta suri tauladan dalam hal pengorbanan dalam menjalani hidup dan kehidupan. (ato)
Galery:
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut