Minggu, 06 November 2016

Pengurus Dewan Penggalang XVII Pangkalan MTsN Nganjuk Dilantik

(MTsN Nganjuk) - Kemarin sore, Sabtu (05/11/2016), acara pelantikan Pengurus Dewan Penggalang Angkatan XVII Pangkalan MTsN Nganjuk Gudep 01.99 dan 01.100 berjalan dengan lancar dan penuh khitmad. Acara pelantikan yang dipimpin langsung Pembina Pramuka MTsN Nganjuk tersebut juga dihadiri oleh para Alumni Dewan Penggalang MTsN Nganjuk mulai Angkata XIII sampai dengan Angkatan XVI. 
Ada yang unik dan menarik dalam acara pelantikan kemarin sore, yaitu acara siraman bunga 7 rupa yang dilakukan dalam acara puncak prosesi pelantikan. Menurut Mahsun, selaku Pembina Pramuka MTsN Nganjuk, acara siraman bunga 7 rupa merupakan gambaran dari pengamalan Dasa Dharma Pramuka ke-10, "Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan". Selain itu, harapannya adalah agar seluruh Pengurus Dewan Penggalang XVII yang baru saja dilantik  terbentuk kepribadiannya dengan aklhlaq yang karimah, unggul, serta berguna bagi Nusa dan Bangsa.
Dalam sambutan upacara pelantikan itu, Mahsun menyampaikan pentingnya pengamalan Dasa Dharma Pramuka ke-10 dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk pengamalannyanya adalah menjadikan Dewan Penggalang MTsN Nganjuk menjadi generasi Islam yang jujur, adil, bijaksana, bertanggung jawab, dan pekerja keras.
Perlu diketahui, bahwa Pramuka Penggalang merupakan penggolongan sekaligus sebutan bagi anggota pramuka yang telah berusia antara 11 hingga 15 tahun. Seorang pramuka resmi menjadi penggalang selain telah menginjak usia 11 tahun juga telah menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum Pramuka Penggalang tingkat Rakit serta mengucapkan trisatya pada upacara pelantikan yang dipimpin oleh pembinanya. Meskipun telah berusia sebelas tahun namun belum menyelesaikan SKU Penggalang Rakit, pramuka tersebut disebut sebagai Tamu Penggalang. (rasyid/ato)
Galery: