Kamis, 01 Desember 2016

Ujian Berbasis LAN Akhiri Kegiatan KBM Semester Ganjil 2016/2017 di MTsN Nganjuk

(MTsN Nganjuk) - Selama tujuh hari, mulai hari Kamis (01/12/2016) sampai dengan hari  Kamis (08/12/2016), MTsN Nganjuk menggelar Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil Kelas VII, VIII, dan IX Tahun Pelajaran 2016/2017. Kegiatan UAS  tersebut diadakan serentak oleh seluruh MTs Baik Negeri maupun Swasta se-Kab. Nganjuk. Khusus Kelas IX MTsN Nganjuk, UAS diadakan dengan teknologi jaringan komputer, atau sering disebut dengan Ujian Berbasis Local Area Network (LAN). 
Di MTsN Nganjuk, ujian berbasis LAN sangat disukai oleh guru maupun siswa, karena ujian jenis ini  mempermudah guru/pengajar memberikan soal-soal secara komputerisasi melalui jaringan lokal area. Hal ini sangat menguntungkan jika dibandingkan dengan ujian konvensional melalui kertas, karena selain ujian dapat dilaksanakan dengan cepat, juga hasilnya dapat diketahui langsung. Bagi siswa, selain nilai dapat diketahui secara langsung, mereka lebih antusias mengerjakan soal-soal karena soal disajikan dengan lebih interaktif karena disertai gambar berwarna dan gambar animasi.
Gelaran Ujian Akhir Semester di MTsN Nganjuk merupakan bagian dari kegiatan penilaian pendidikan yang sangat penting dilaksanakan dalam rangka  mengetahui sejauhmana kompetesi siswa sudah tercapai bedasarkan acuan Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan bunyi pasal 58 Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 menyatakan bahwa evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Salah satu tahapan penilaian pendidikan adalah UAS. UAS adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. (ato)
Galery: