Channel Youtube MTsN 5 Nganjuk

Rabu, 26 Oktober 2022

Di Momentum Bulan Bahasa 2022, MTsN 5 Nganjuk Launcing Empat Buku Karya Siswa dan Guru

(MTsN 5 Nganjuk) – Rabu (26/10/2022), Bulan Oktober selain ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda yang dirayakan setiap tanggal 28 oktober, juga dikenal sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia. Setiap tahun, momen ini diperingati dengan berbagai acara dengan tema bahasa dan sastra yang tujuannya memaksimalkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Di momentum bulan bahasa 2022 kali ini, beragam lomba digelar di sejumlah tempat. Tidak terkecuali di MTsN 5 Nganjuk. Tercatat ada lomba mendonggeng, lomba pidato bahasa arab dan lomba tradisi jawa dengan tema Tedhak Siten. Dari beragam lomba tersebut diikuti oleh perwakilan antar kelas.

Selain kegiatan lomba-lomba, di MTsN 5 Nganjuk juga menggelar kegiatan spektakuler yaitu peluncuran (launcing) empat buku karya siswa dan guru. Acara tersebut dilaksanakan pada hari ini (Selasa,25/10/2022) di lapangan basket MTsN 5 Nganjuk.

Dari empat buku tersebut dua di antaranya karya originnal siswa dengan judul The Ephemeral yang di dalamnya berisi kumpulan fabel inspiratif. Buku tersebut karya Salwa Salsabela dan kawan kawan.

Buku ke dua karya siswa MTsN 5 Nganjuk berjudul Antalogi Puisi MTsN 5, di dalamnya berisi kumpulan puisi patriotik karya Moch Tafy Akbar Firmansyah dan kawan kawan.

Sementara dua judul buku karya guru yang juga diluncurkan diantaranya berjudul Merefleksikan Indonesia 2021. Didalamnya berisi antalogi artikel guru GSMB Nasional 2021 karya Ckristina Eka Armawaty dan kawan kawan. Dan satu judul buku lagi yaitu karya Hj Sri Metty Wulandari dengan judul buku Pusparagam Mimpi. Di buku warna biru mega tersebut berisi kumpulan puisi guru GSMB Nasional 2021.

Untuk diketahui peluncuran empat judul buku tersebut secara simbolis ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh salah satu pengawas dari Kemenag Nganjuk dengan disambut tepuk riuh dari guru dan siswa yang berkumpul di lapangan basket.

Dalam kesempatan yang sama dalam agenda launcing tersebut, juga diisi acara penyerahan piagam kepada para siswa berprestasi yang telah menjadi juara lomba penulisan puisi dan juara lomba penulisan cerpen fantasi terbaik.

Tiga bedssar penulis puisi terbaik diantaranya, untuk juara l diraih oleh M.Nabil Birria, juara ll Bella Meisha Okta via dan juara lll diraih Sifak Olivia Qolbi.

Sementara tiga besar dalam lomba penulisan cerpen fantasi terbaik diantaranya untuk juara l diraih Wafid Nur A, juara ll diraih Ririn Badiatun Nimah dan untuk juara lll diraih Ragda Julia Hamzah.

Sementara itu dikatakan Kepala Sekolah MTsN 5 Nganjuk, Kasnan,SAg kepada wartawan memo nganjuk mengatakan bahasa adalah alat pemersatu bangsa. Maka dari itu dengan kegiatan ini anak anak dirangsang untuk berpikir kreatif inovatif dalam memahami pentingnya bahasa.

” Yang jelas cikal bakal diperingatinya bulan bahasa setiap bulan oktober sesuai dengan ikrar teks Sumpah Pemuda yaitu ” Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa indonesia”, terang Kasnan di ruang kerjanya hari ini ( Selasa, 25/10/2022).

Ditanya harapan lebih lanjut dikatakan Kasek yang memiliki style familiar dan murah senyum ini berharap bisa meneguhkan semangat kebangsaan dan program literasi madrasyah bisa optimal. Artinya kreatifitas anak anak tidak hanya berkutat secara konsep saja, namun bisa diimplementasikan dalam karya nyata. ” Mengingat kurikulum merdeka saat ini dalam sistem pembelajarannyamengedepankan prakyek. Prosentase teori 60% untuk praktek 40%,” pungkasnya. (adi)

Galery: