Kamis, 06 Oktober 2022

Studi Kenal Alam Lingkungan dan Ziarah Makam Auliya' 2022

(MTsN 5 Nganjuk) - Kamis (6/10/2022), MTsN 5 Nganjuk kembali mengadakan kegiatan Studi Kenal Alam Lingkungan (SKAL)  dan Ziaroh Makam Auliya' Jawa Tengah bagi kelas IX. Kegiatan SKAL dilaksanakan sejak hari Sabtu (1/10/2022) sampai dengan hari Minggu (2/10/2022). 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengadakan pengamatan secara langsung pada obyek belajar serta untuk mengetahui informasi dari dekat sejarah dakwah Agama Islam di Jawa Tengah khususnya oleh Para anggota Wali Songo Jawa Tengah pada masa lalu.

Kegiatan SKAL merupakan kegiatan rutin di MTsN 5 Nganjuk bagi siswa-siswi kelas VIII, khusus tahun ini kegiatan dilaksanakan untuk kelas IX. Hal ini tidak terlepas dari pandemi covid-19 yang melanda dunia sejak dua tahun terakhir. Sehingga kegiatan yang seharusnya dilaksankan saat siswa duduk di bangku kelas VIII akhirnya ditunda hingga tahun ini saat siswa sudah naik kelas IX.

Bukan hanya ditunda pelaksanaannya, obyek yang dituju pun juga mengalami pemangkasan. Kalau tahun-tahun sebelum adanya pandemi covid-19, SKAL dilaksanakan selama tiga hari tiga malam dengan menziarohi makam auliya' Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tahun ini kegiatan langsung di pusatkan di Jawa Tengah saja.

Bagi siswa, kegiatan SKAL dimanfaatkan sebagai praktikum mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam belajar menyusuan Karya Tulis. Selain itu, siswa secara langsung diajarai tentang berbagai hal dan tata cara serta aturan berziarah kubur. Pun, mereka juga praktek secara langsung melakukan Sholat Qoshor, Sholat Jamak Ta'dim, dan Sholat Jamak Ta'khir dengan berbagai aturan dan tata caranya. (ato')

Galery: