Kamis, 16 Februari 2023

Studi Kenal Alam Lingkungan dan Ziarah Makam Auliya' 2023

(MTsN 5 Nganjuk) - Kamis (6/10/2022), MTsN 5 Nganjuk kembali mengadakan kegiatan Studi Kenal Alam Lingkungan (SKAL)  dan Ziaroh Makam Auliya' Jawa Tengah bagi kelas VIII. Kegiatan SKAL dilaksanakan sejak hari Jum'at (10/2/2023) sampai dengan hari Minggu (12/2/2023). 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengadakan pengamatan secara langsung pada obyek belajar serta untuk mengetahui informasi dari dekat sejarah dakwah Agama Islam di Jawa Tengah khususnya oleh Para anggota Wali Songo Jawa Tengah pada masa lalu.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tiga malam ini merupakan kegiatan rutin di MTsN 5 Nganjuk bagi Siswa-siswi kelas VIII. Kegiatan SKAL dimanfaatkan sebagai praktikum mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam belajar menyusuan karya tulis. 

Selain itu, siswa secara langsung diajarai tentang berbagai hal dan tata cara serta aturan berziarah kubur. Pun, mereka juga praktek secara langsung melakukan Sholat Qoshor, Sholat Jamak Ta'dim, dan Sholat Jamak Ta'khir dengan berbagai aturan dan tata caranya.

Kegiatan SKAL tahun ini, mengunjungi  delapan obyek, yaitu: Makam Sunan Muria - Kudus, Makam Sunan Kudus - Kudus, Makam Sunan Kalijaga - Demak, Masjid Agung Semarang, Makam Kyai Raden Santri - Magelang, Candi Borobudur - Magelang, Taman Pintar _ Jogjakarta, dan Pantai Parangtritis - Yogyakarta.

Menurut Kepala MTsN 5 Nganjuk, Kasnan, salah satu tujuan kegiatan SKAL adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan agama dan pengetahuan umum kepada para siswa kelas VIII dengan cara praktek secara langsung. Ada berbagai ilmu yang bisa didapat dari kegiatan ini, di antaranya adalah Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Fiqh, Sejarah Umum, dan Bahasa Indonesia

Bagi siswa, kegiatan SKAL dimanfaatkan sebagai praktikum mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam belajar menyusuan Karya Tulis. Selain itu, siswa secara langsung diajarai tentang berbagai hal dan tata cara serta aturan berziarah kubur. Pun, mereka juga praktek secara langsung melakukan Sholat Qoshor, Sholat Jamak Ta'dim, dan Sholat Jamak Ta'khir dengan berbagai aturan dan tata caranya. (Ato'/Photo: Ikhwan)

Galery: