Kamis, 24 Februari 2022

Seminar "Pengembangan Karakter Siswa Berdasarkan Potensi Psikologi Bagi Guru"

(MTsN 5 Nganjuk) - Kamis (24/2/2022), madrasah merupakan wahana pengembang pendidikan karakter bagi peserta didik. Dan guru sebagai pendidik mempunyai tanggung jawab yang sangat besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter, berbudaya, dan bermoral.

Untuk itu MTsN 5 Nganjuk melaksanakan Seminar 'Pengembangan Karakter Siswa Berdasarkan Potensi Psikologi Bagi Guru' yang diikuti oleh bapak/ibu guru MTsN 5 Nganjuk. Seminar ini merupakan tindak lanjut dari hasil tes psikologi siswa kelas 7 dalam program SKS. 

Acara ini diisi oleh narasumber Soffy Balgies dan M. Syifaul Muntafi dari UIN Surabaya. Dalam seminarnya narasumber menyampaikan bahwa setiap siswa memiliki potensi dan karakter yang berbeda. Hal tersebut memberikan implikasi kepada proses pembelajaran yaitu pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sebagai individu. 

Hal yang sangat penting dalam melaksanakan proses pembelajaran adalah guru menciptakan kondisi kondusif supaya setiap individu peserta didik memiliki kemauan atau motivasi untuk belajar, meskipun mereka berada dalam kelompok. Dengan demikian dalam proses pembelajaran setiap individu memerlukan perlakuan yang berbeda, maka strategi dan upaya pelaksanaanya pun akan berbeda pula. 

Selain itu juga banyak faktor penting yang memengaruhi motivasi belajar siswa yaitu lingkungan sosial, orang tua, dan lain lain. Acara ini mendapat dukungan yang luar biasa dari Kabid Pendma Kankemenag Kab Nganjuk. Beliau berharap kegiatan ini mampu memberikan dorongan kepada madrasah untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik. (RRN/Photo: ato')

Galery: