Minggu, 27 Maret 2016

MTs Negeri Nganjuk Ikuti Jambore Anti Narkoba dan Seminar Anti Narkoba Tingkat Kabupaten

(MTsN Nganjuk) - Dalam rangkaian kegiatan lomba Madrasah Bersih Narkoba 2016, MTs Negeri Nganjuk mengirim dua orang siswanya mengikuti kegiatan "Jambore Anti Narkoba dan Seminar Anti Narkoba" yang diadakan pada hari Sabtu (19/03/2016) di SMP Bina Insan Mandiri - Baron, Kab. Nganjuk.
Rasyid anak kelas 8G dan Vania anak kelas 7E yang terpilih mewakili madrasah dalam kegiatan tersebut mengatakan:
"Dalam upaya membentengi anak dari pengaruh jahat narkoba, harus ditanamkan nilai-nilai normatif sejak dini sehingga dapat menentukan mana yang salah dan mana yang benar, sehingga pada akhirnya anak memiliki tanggung jawab sendiri dalam membentengi dari hal-hal negatif”. pungkas Rasyid.
Kegiatan yang di mulai sejak pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk mempersiapkan madrasah dan sekolah di wilayah kerja Kab. Nganjuk untuk mewujudkan sekolah/madrasah bersih dari narkoba khususnya MTs Negeri Nganjuk yang menjadi satu-satunya madrasah di Kab. Nganjuk yang terpilih untuk mewakili "Lomba Sekolah Bersih Narkoba Tingkat Jawa Timur"
Pemateri Seminar yang didatangkan langsung dari BNN Propinsi Jawa Timur, Bapak Ir. Danang, MM., menjelaskan tentang bahaya narkoba bagi generasi muda serta menjelaskan beberapa hal tentang BNNP Jatim, diantaranya:
Pencegahan Penyalahguna Narkoba
Pencegahan penyalahguna Narkoba adalah seluruh usaha yang ditujukan untuk mengurangi permintaan dan kebutuhan gelap Narkoba.

Pencegahan Primer
a. Pencegahan Primer adalah :
Ditujukan pada anak-anak dan generasi muda yang belum pernah menyalahgunakan narkoba. 
Semua sektor masyarakat yang berpotensi membantu generasi muda untuk tidak menyalahgunakan narkoba.
b. Kegiatan
Kegiatan pencegahan primer terutama dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan, penerangan dan pendidikan.
 Pencegahan Sekunder
a. Pencegahan Sekunder adalah pencegahan yang ditujukan pada :
Anak-anak atau generasi muda yang sudah mulai mencoba-coba menyalahgunakan narkoba.
Sektor-sektor masyarakat yang dapat membantu anak-anak, generasi muda berhenti menyalahgunakan narkoba.
b. Kegiatan
Kegiatan pencegahan sekunder menitikberatkan pada kegiatan deteksi secara dini terhadap anak yang menyalahgunakan narkoba, konseling perorangan dan keluarga pengguna, bimbingan sosial melalui kunjungan rumah.
Pencegahan Tertier
a. Pencegahan Tertier ditujukan pada :
Korban Narkoba atau bekas korban narkoba.
Sektor-sektor masyarakat yang bisa membantu bekas korban Narkoba untuk tidak menggunakan Narkoba lagi.
b. Kegiatan
Kegiatan pencegahan tertier dilaksanakan dalam bentuk bimbingan sosial dan konseling terhadap yang bersangkutan dan keluarga serta kelompok sebayanya, penciptaan lingkungan sosial dan pengawasan sosial yang menguntungkan bekas korban untuk mantapnya kesembuhan, pengembangan minat, bakat dan keterampilan kerja, pembinaan orang tua, keluarga, teman dimana korban tinggal, agar siap menerima bekas korban dengan baik jangan sampai bekas korban kembali menyalahgunakan narkoba. (ato)

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut