Sabtu, 23 Juli 2016

MTsN Nganjuk Tanamkan BHBS Sejak Dini

(MTsN Nganjuk) - Sabtu (23/07/2016), selepas pembacaan Asma'ul Husna dan kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur'an bersama yang didampingi guru jam pertama di dalam kelasnya masing-masing, seluruh siswa-siswi MTsN Nganjuk berkumpul di lapangan basket madrasah untuk melakukan apel dan pengarahan dari kepala madrasah, H.M. Nurcholis. Pengarahan ini berkaitan dengan penjelasan tata tertib siswa yang telah dirumuskan dan disepakati oleh pihak madrasah dan para wali santri beberapa waktu lalu.
Tata tertib siswa yang dirumuskan, disusun,  dan disepakati berasama antara madrasah dan wali siswa akan memberikan rasa tanggung jawab bersama antara madrasah dan keluarga dalam mengantarkan siswa-siswinya meraih kesuksesan belajar. Sinergi antara dua belah pihak ini akan memberikan kekuatan yang besar, karena sejatinya kesuksesan siswa tidak hanya ditentukan oleh madrasah tapi juga dukungan penuh dari keluarga.
Selain penjelasan tentang tata tertib siswa, H.M. Nurcholis juga menjelaskan panjang lebar tentang budaya bersih. Menurut beliau, Budaya Hidup Bersih dan Sehat (BHBS) adalah kebiasan hidupnya nabi Muhammad SAW. "Budaya bersih adalah budaya Islam. Bersih hatinya, bersih jiwanya, bersih mentalnya dan bersih lingkungan sekitarnya adalah karakter muslim sejati". Jelas H.M. Nurcholis di apel tersebut.
Setelah apel selesai, seluruh siswa kembali ke kelasnya untuk membersihkan ruangan dan lingkungan kelasnya masing-masing. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bunga dan pohon di lingkungan madrasah agar madrasah menjadi hijau dan rindang serta nyaman untuk kegiatan belajar dan mengajar ke depan. 
"Kegiatan kebersihan dan memelihara lingkungan sekitar madrasah adalah bagian dari penanaman karakter islami pada siswa-siswi MTsN Nganjuk. Semoga karakter bersih yang telah dibentuk di madrasah akan membawa kebaikan di lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal mereka". Harap H.M. Nurcholis. (ato)
Galery: