Senin, 18 Juli 2016

FORPAN Beri Materi Khusus di Hari Pertama MATSAMA MTsN Nganjuk

(MTsN Nganjuk) - Senin (18/07/2016), hari pertama Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTsN Nganjuk diwarnai dengan kemeriahan dan antusisme dari peserta didik baru tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dikarenakan MTsN Nganjuk mendatangkan sejumlah pengurus teras Forum Perlindungan Anak Nganjuk (FORPAN) untuk mengisi materi khusus tentang hak dan perlindungan anak kepada para peserta didik baru.
Kegiatan MATSAMA di hari pertama ini dilaksanakan di aula lantai dua MTsN Nganjuk yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB sesaat setelah acara halal bihalal pagi tadi di lapangan basket madrasah. Salah seorang Pembina FORPAN yang merupakan pegawai Badan Pemberdaya Perempuan dan Keluarga Daerah (BPPKBD) Kab. Nganjuk, Nanik Yuliani., menjelaskan panjang lebar tentang maksud dan tujuan dibentuknya FORPAN. Beliau juga menjelaskan bagaimana cara siswa memanfaatkan forum tersebut untuk melindungi hak-hak anak.
Kegiatan MATSAMA hari pertama ini diikuti oleh seluruh peserta dengan penuh semangat, karena di sela-sela penyampaian materi diisi game-game inovatif dan menantang dari para anggota FORPAN yang merupakan siswa-siswi dari beberapa sekolah/madrasah di wilayah Nganjuk dan sekitarnya. Menurut Azzahra, salah seorang anggota FORPAN yang juga merupakan siswi kelas VIII-A di MTsN Nganjuk, anggota forum yang berjumlah ratusan dan dari berbagai sekolah dan madrasah di Nganjuk ini sudah terbiasa melakukan sosialisasi perlindungan anak ke sekolah-sekolah, sehingga mereka sudah terbiasa dan terlatih memberikan materi dan game-game yang dapat membangkitkan semangat anak-anak.
Di akhir sambutan sebelum acara MATSAMA hari pertama ditutup, Nanik Yuliani menjelaskan hak-hak anak yang disarikan dari 31 hak anak menjadi 4 hak anak yang utama, yaitu: hak hidup, hak tumbuh kembang, hak untuk mendapat perlindungan, dan hak untuk berpartisipasi. (ato)
Galery: