Sabtu, 20 Juli 2019

Pengukuhan dan Pelantikan Pramuka Penggalang Garuda Gugus Depan 01.099 dan 01.100

(MTsN 5 Nganjuk) – Sabtu (20/7/2019), MTsN 5 Nganjuk menggelar kegiatan Pelantikan Penggalang Pramuka Garuda. Berlokasi di lapangan MTsN 5 Nganjuk, kegiatan dimulai pukul 14.00 WIB. Kegiatan ini menghadirkan bapak ibu wali murid dari 16 siswa siswi kelas IX yang akan dilantik. Selain itu juga turut hadir kakak – kakak pembina pramuka dari Kwartir Cabang Kabupaten Nganjuk dan Polres Nganjuk.
Setelah seluruh pasukan barisan disiapkan oleh pemimpin upacara, kemudian kakak pembina pramuka dari Kwarcab Kabupaten Nganjuk membuka kegiatan pelantikan penggalang pramuka Garuda. Suasana menjadi haru ketika permintaan doa restu dari siswa-siswi yang akan di lantik kepada bapak ibu wali murid masing-masing dan diikuti dengan pemberian restu dan doa yang di wakili oleh salah satu wali murid.
Suasana menjadi sedikit tegang ketika siswa-siswi yang akan dilantik diberi pertanyaan oleh dewan pembina kesiapan menjadi penggalang pramuka garuda. Secara tegas dan lantang para siswa siswi yang akan dilantik menjawab siap. Siap sebagai teladan di lingkungan baik di keluarga, sekolah, pergaulan dan masyarakat. Kemudian masuk ke acara ini yakni penyematan tanda pelantikan dan penyerahan sertifikat. Penyematan tanda pelantikan di serahkan secara bersama - sama oleh bapak ibu wali murid nya masing-masing diikuti dengan penyerahan sertifikat oleh dewan pembina kwarcab kabupaten Nganjuk. Kemudian pemberian ucapan selamat oleh kakak pembina pramuka kepada siswa-siswa yang telah sah menjadi penggalang pramuka garuda.
Dewan pembina pramuka menegaskan bahwa untuk menjadi penggalang pramuka garuda tidak di dapat dengan cara instan namun harus menyelesaikan ujian SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus). Penggalang pramuka garuda adalah tingkatan tertinggi pada tingkat penggalang, yakni setelah penggalang ramu, penggalang rakit dan penggalang terap. Lebih lanjut Dewan pembina mengucapkan selamat kepada siswa siswa yang telah dilantik menjadi penggalang pramuka garuda dan juga mengucapkan selamat kepada gugus depan Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Nganjuk telah lolos ke babak final jawa timur. Mendengar hal tersebut salah satu kakak pembina memberi komando 2 x tepuk pramuka dan diikuti dengan tepuk pramuka para seluruh peserta upacara.
Upacara di tutup dengan pembacaan doa oleh petugas upacara. Dan dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh siswa siswi yang dilantik beserta seluruh kakak pembina pramuka.
Salam pramuka!!! (Tri/Photo: Farid)
Galery:


resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut