Senin, 29 Juli 2019

Seminar Motivasi Studi ke Luar Negeri Bersama Royal English Malang

(MTsN 5 Nganjuk) – Senin (29/7/2019), MTsN 5 Nganjuk menggelar kegiatan “Kelas Inspirasi” bersama Royal English Malang untuk kelas VII-A, VIII-A, IX-A dan beberapa siswa perwakilan dari kelas regular. Kegiatan dimulai tepat pukul 09.00 WIB di Aula lantai dasar dengan tema: "Seminar Motivasi Studi ke Luar Negeri Bersama Royal English Malang". Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari Royal English Malang. Narasumber pada kegiatan “Kelas Inspirasi” hari ini adalah Direktur Royal English Malang, Sunu Farid Lathif dan Native Speaker yakni Albert dari Spanyol.
Acara dibuka oleh Kepala Madrasah, H. Sutopo, secara simbolis. Dilanjutkan dengan penyampaian inspirasi-inspirasi dari Sunu. Beliau menyelesaikan pendidikan MTsN dan MAN di Nganjuk. Selanjutnya beliau menyelesaikan pendidikan Sarjana di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada jurusan sastra Inggris. Beliau selanjutnya mendapatkan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dari Kementrian Keuangan untuk kuliah S2 di King’s College London.
Kehidupan selama menempuh pendidikan di London tidaklah mudah. Sunu menceritakan tantangan-tantangan yang dihadapi selama belajar di London yakni perbedaan waktu antara Indonesia dan London yang terpaut 5 jam, dimana waktu Indonesia lebih cepat 5 jam dibandingkan waktu London. Jadi jika di London pukul 06.00 pagi, di London pukul 01.00 pagi. Selain itu, perbedaan suhu di London dan Indonesia. Suhu pada musim dingin di London bisa mencapai -5° C dan suhu pada musim panas mencapai 25 ° C.
Tips-tips yang disampaikan Sunu jika ingin menjadi orang yang sukses yaitu sebagai berikut: (1) Birul Walidain, (2) Sholat Tepat Waktu, (3) Sholat Berjamaah, (4) Tadharus dan Sholat Dhuha, (5) Belajar dan Belajar, serta (6) Aktif Berorganisasi. 
Selanjutnya, acara di lanjutkan dengan percakapan dengan native speaker, Albert. Albert adalah relawan yang mengajar di Royal English yang berasal dari Spanyol.  Beliau menceritakan bahasa aslinya adalah Bahasa Spanyol, namun mulai belajar bahasa Inggris sejak usia 3 tahun.
Direktur Kelas Khusus MTsN 5 Nganjuk, Abdul Rasyid, menjelaskan bahwa Albert juga seperti halnya kita yang sedang belajar bahasa Inggris sehingga menjadikan motivasi bagi siswa-siswi untuk giat belajar bahasa Inggris. Albert mempersilahkan siswa-siswi untuk bertanya apa saja terkait kehidupan beliau. Siswa-siswipun antusias bertanya sambil mengasah kosa kata mereka dalam bahasa Inggris. Mr. Albert pun sigap menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para siswa secara bergantian dengan sabar.
Albert menyampaikan kiat-kiat belajar bahasa Inggris yakni dengan membiasakan belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, melihat film dalam bahasa Inggris sambil mendengarkannya dan melakukan percakapan bahasa Inggris dengan teman.
Kemudian Albert memberikan pertanyaan kepada siswa-siswi terpilih. Terlihat siswa-siswi yang terpilih dengan lancar menjawab pertanyaan Albert dalam bahasa Inggris. Sunu dan Albert menutup kegiatan Kelas Inspirasi dengan acara foto bersama dengan para siswa. Narasumber berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi dalam belajar bahasa Inggris untuk siswa-siswi MTs Negeri 5 Nganjuk. (Tri/Photo: Ato’)
Galery:
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut