Kamis, 25 Juli 2019

Visitasi Tim Penilai Lomba Gugus Depan Unggul Tingkat Propinsi Jawa Timur

(MTsN 5 Nganjuk) - Kamis (25/7/2019), MTsN 5 Nganjuk menggelar kegiatan visitasi Tim Penilai Lomba Gugus Depan Unggul dari Gerakan Pramuka Kwarda Jatim di Gugus Depan 01.099 - 01.100. Kegiatan ini menghadirkan pembina pramuka dari Kwarda Jawa Timur. Sejak pagi panitia sudah persiap dengan menampilkan pertunjukan-pertunjukan yang sangat energik untuk menyambut datangnya tamu penilai.
Gema sholawat menggema menyambut kedatangan tamu yang di tunggu-tunggu. Panitia dengan sumringah menyambut para tamu sambil mengalungkan bunga kehormatan mengarak sampai lapangan madrasah. Para guru dengan antusias menyambut sambil berjabat tangan menyambut para tamu. Para tamu dipersilahkan untuk duduk di kursi tamu yang sudah disediakan untuk menikmati acara penyambutan yang sudah dipersiapkan oleh panitia.
Acara dibuka oleh Pasukan Baris Berbaris (PBB) Variasi. PBB variasi ini lain daripada PBB biasanya yakni ada tarian yang di komando sedemikian rupa sehingga nampak kompak satu sama lain. Pimpinan barisan di depan selayaknya komandan drumband. Sungguh tampilan yang sayang jika dilewatkan.
Acara selanjutnya di susul oleh pertunjukkan Tarian Nusantara. Tarian Nusantara ini terdiri dari tari pendet, tari kipas, tari saman dari sabang sampai merauke. Para tamu pun terhibur dengan adanya tarian dari para adik adik panitia.
Kemudian disusul dengan pertunjukan atraksi semaphore. Dimana 7 siswa siswi adik adik penggalang yang menampilkan cara menghafalkan sandi-sandi semaphore dengan cara yang menyenangkan. Didukung dengan backsound musik yang energik menambah keseruan siswa-siswi yang memperagakan semaphore ini.  Keriuhan tepuk tangan penonton pun menggema saat mereka menunjukkan pangkalan dan gugus depannya.
Acara inti yakni penyambutan dari kakak kamabigus dan kakak gugus depan di ruang guru. Kakak kamabigus membuka dengan simbolik dan di lanjutkan dengan pemaparan dari kakak gugus depan terkait program-program pramuka yang sudah dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Nganjuk.  Kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan diantaranya sebagai berikut:
  • Perkemahan Sabtu Minggu diacara Penerimaan Tamu Galang (PTG)
  • Perkemahan di Akhir tahun Pelajaran 2018/2019 di Bumi Perkemahan Bajulan, Loceret
  • Pelantikan Penggalang Pramuka Garuda
  • Kegiatan ODMG (Outdoor Management Games) diacara Penerimaan Tamu Galang (PTG)
  • Kegiatan penemuhan SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus).
  • Kegiatan Siaran terkait aktivitas pramuka di Radio Ulul Albab
Acara ditutup dengan bacaan doa dan diamini oleh kakak pembina yang lain.
Penilaian di mulai di ruang kelas yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Penilaian meliputi (1) Sumber Daya Manusia; (2) Manajemen; (3) Dana dan Sarpras; (4) Kegiatan; (5) Kemitraan; (6) Proses, dan (7) Prestasi.
Setelah selesai, penilaian dilanjutkan dengan ramah tamah. Tak lupa para penilai mencoba berkolaborasi dengan Kakak Irfan membawakan siaran terkait aktivitas pramuka di Radio Pandu Ulul Albab.
Para penilai dari Kwarda disambut di ruang Kepala Madrasah oleh Kakak-kakak Pembina sebelum kemudian pamit untuk kembali bertugas ke kantor Kwarda.
Alhamdulillah, telah terlaksananya kegiatan Visitasi Tim Penilai Lomba Gugus Depan Unggul dari Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Timur di gugus Depan 01.099 – 01.100. Semoga hasilnya sesuai dengan yang kita inginkan. Amiin Amiin ya robbal allamiin.
Salam pramuka!!! (Tri/Photo: Farid&Ato')
Galery:





resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut