Sabtu, 29 Juli 2023

MTsN 5 Nganjuk Mengadakan Kegiatan Penguatan Sistem Pembelajaran Diferensial untuk Kelas Khusus

(MTsN 5 Nganjuk) - Sabtu (29/7/2023), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Nganjuk kembali menggelar kegiatan penguatan sistem pembelajaran diferensial bagi para wali siswa kelas khusus atau kelas unggulan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara madrasah dan orang tua siswa kelas khusus serta membahas program kerja dan program akademik yang akan dilaksanakan dalam satu tahun ke depan.

MTsN 5 Nganjuk melayani beberapa kelas yang berbeda mencakup beberapa program pembelajaran diferensial, yaitu:

  1. Kelas Reguler: Kelas ini diikuti oleh mayoritas siswa, termasuk siswa-siswi dengan berbagai tingkat kemampuan dan minat. Di kelas reguler, siswa memiliki beragam latar belakang akademik dan kemampuan belajar. Tidak ada program khusus tertentu dalam kelas reguler, karena fokusnya lebih pada penyampaian kurikulum umum sesuai dengan standar nasional atau lokal. 
  2. Kelas Pembelajar Cepat (2 Tahun Lulus): Kelas ini merupakan program unggulan yang ditujukan untuk siswa berprestasi dan memiliki potensi belajar tinggi. Para siswa di kelas ini diberikan kesempatan untuk menempuh materi pembelajaran lebih cepat daripada kelas reguler, sehingga memungkinkan mereka untuk menyelesaikan masa belajar di MTsN 5 Nganjuk dalam waktu dua tahun.
  3. Kelas Olimpiade: Kelas ini difokuskan pada persiapan dan pelatihan siswa untuk berkompetisi dalam berbagai ajang olimpiade akademik tingkat lokal, nasional, dan bahkan internasional. Para siswa di kelas ini akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan tambahan untuk meraih prestasi akademik yang lebih tinggi.
  4. Kelas Tahfidz: Kelas ini diperuntukkan bagi siswa yang berminat untuk menghafal Al-Quran secara utuh. Para siswa di kelas ini akan dibimbing secara khusus dalam memahami dan menghafal ayat-ayat suci Al-Quran.

Dalam kegiatan penguatan sistem pembelajaran diferensial ini, para wali siswa kelas khusus diundang untuk berdiskusi secara mendalam dengan pengurus madrasah. Diskusi difokuskan pada pemahaman mengenai program kerja dan program akademik yang akan dilaksanakan dalam satu tahun ke depan untuk setiap kelas khusus. Tujuan utama dari diskusi ini adalah untuk memastikan bahwa tujuan dan harapan para wali siswa terhadap pembelajaran anak-anaknya di kelas khusus dapat tercapai dengan baik.

Bapak Kasnan, Plt Kepala MTsN 5 Nganjuk, menyatakan, "Kelas khusus di madrasah kami bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan dan potensi belajar siswa secara lebih spesifik. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memperkuat sistem pembelajaran diferensial sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi perkembangan akademik dan potensi siswa."

Kegiatan penguatan sistem pembelajaran diferensial ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara madrasah dan orang tua siswa kelas khusus. Dengan dukungan dan partisipasi aktif dari para wali siswa, diharapkan program-program kelas khusus dapat berjalan dengan lebih efektif dan berdampak positif pada prestasi dan pengembangan siswa di MTsN 5 Nganjuk. (Atoillah/Photo: Atoillah)

Galery: