Senin, 06 November 2023

MTsN 5 Nganjuk Kembali Gelar Kegiatan Studi Kenal Alam Lingkungan dan Ziaroh Makam Auliya' Jawa Tengah

(MTsN 5 Nganjuk) - Senin (6/11/2023), MTsN 5 Nganjuk kembali mengadakan kegiatan Studi Kenal Alam Lingkungan (SKAL) dan Ziaroh Makam Auliya' Jawa Tengah bagi siswa-siswi kelas VIII. Kegiatan ini dilaksanakan sejak hari Jum'at (3/11/2023) sampai dengan hari Minggu (5/11/2023).

Tujuan dari kegiatan SKAL ini adalah untuk mengadakan pengamatan secara langsung pada obyek belajar serta untuk mengetahui informasi dari dekat mengenai sejarah dakwah Agama Islam di Jawa Tengah khususnya oleh Para anggota Wali Songo Jawa Tengah pada masa lalu.

"Kegiatan ini sangat penting untuk memperluas wawasan dan pengetahuan siswa mengenai alam sekitar dan sejarah dakwah Agama Islam di Jawa Tengah," ujar Kepala MTsN 5 Nganjuk.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tiga malam ini merupakan kegiatan rutin di MTsN 5 Nganjuk bagi Siswa-siswi kelas VIII. Kegiatan SKAL juga dimanfaatkan sebagai praktikum mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam belajar menyusun karya tulis.

"Selain sebagai kegiatan pembelajaran, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kebersamaan dan kekompakan antar siswa," tambah Kepala Madeasah.

Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka terlihat bersemangat saat melakukan pengamatan langsung di lapangan dan mendengarkan penjelasan dari narasumber mengenai sejarah dakwah Agama Islam di Jawa Tengah.

"Kami senang bisa mengikuti kegiatan ini. Kami jadi lebih tahu tentang alam sekitar dan sejarah dakwah Agama Islam di Jawa Tengah," ujar salah satu siswa.

Kegiatan SKAL dan Ziaroh Makam Auliya' Jawa Tengah ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para siswa dalam menambah pengetahuan dan wawasan mereka. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun karakter siswa menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dan sejarah. (Atoillah/Photo: Atoillah)