Jumat, 24 Agustus 2018

Maraknya Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1439 H / 2018 M di MTsN 5 Nganjuk

(MTsN 5 Nganjuk) - Jum'at (24/8/2018), takbir, tahlil dan tahmid kembali menggema di Halaman Tengah MTsN 5 Nganjuk pada Rabu (22/8/2018) sekaligus menyertai saudara-saudara muslim yang datang menunaikan panggilan agung ke tanah suci guna menunaikan ibadah haji, rukun islam yang kelima. Bersamaan dengan ibadah mereka di tanah suci, seluruh siswa-siswi, guru, dan karyawan MTsN 5 Nganjuk, beserta masyarakat sekitar madrasah  melaksanakan ibadah Sholat Sunnah Idul Adha dan dilanjutkan dengan tasyakuran dan pemotongan hewan qurban. Apa yang dilakukan kemarin, hanya mempunyai satu tujuan, yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha, serangkaian kegiatan telah disusun oleh madrasah beserta OSIS MTsN 5 Nganjuk. Kegiatan dimulai dengan i'tikaf dan takbir bersama semalam suntuk di masjid Ulul Albab MTsN 5 Nganjuk. Kegiatan berikutnya adalah Sholat Idul Adha berjama'ah dan dilanjutkan dengan syukuran bersama warga sekitar. Acara hari ini diakhiri dengan pemotongan hewan qurban, seekor sapi dan 2 ekor kambing dan dilanjutkan dengan pembagian daging qurban kepada warga sekitar madrasah dan sejumlah wali siswa.
Pada tahun ini ada 3 ekor sapi yang akan disembelih, 1 ekor akan disembelih bersama 2 ekor kambing pada hari Rabu sesaat setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha.  Sementara yang 2 ekor sapi disembelih pada hari Kamis (23/8/2018) sesaat setelah pelaksanaan kegiatan Manasik Haji.
Kegiatan manasik haji merupakan kegiatan tahunan di MTsN 5 Nganjuk. Kegiatan manasik haji tersebut akan diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas dan dirancang sedemikan rupa untuk secara sistematis membimbing para peserta didik agar dapat melakukan suatu ketrampilan berhaji. Tujuan selanjutnya adalah memperkenalkan ibadah haji, rukun islam yang kelima ini sejak dini kepada seluruh siswa-siswi MTsN 5 Nganjuk. (ato / Photo : Munir)
Galery: