Jumat, 24 Agustus 2018

MTsN 5 Nganjuk Gelar Manasik Haji untuk Membekali Keterampilan dan Kemampuan tentang Pelaksanaan Ibadah Haji bagi Siswa-Siswinya

(MTsN 5 Nganjuk) – Jum'at, (24/8/2018), untuk membekali keterampilan dan kemampuan tentang pelaksanaan ibadah haji bagi Siswa-Siswinya, MTsN 5 Nganjuk kembali menggelar kegiatan Manasik Haji di Lapangan Basket MTsN 5 Nganjuk pada hari Kamis (23/8/2018). Belajar haji bersama dan terbuka ini diperuntukkan bagi seluruh guru dan karyawan dan khususnya bagi seluruh siswa-siswi MTsN 5 Nganjuk. Untuk mendukung acara ini, telah disiapkan sejumlah tempat (Padang Arofah, Mina, Musdalifah, Bukit Sofa dan Marwa, dll) dan alat peraga berupa miniatur Ka’bah, Maqom Ibrahim, Hijir Ismail, Tugu untuk sasaran melempar jumroh, dan lain-lain.
Kegiatan manasik haji diawali dengan penjelasan tentang bagian-bagian ka’bah, beserta syarat, larangan, wajib, rukun, dan tatacara pelaksanaan ibadah haji oleh H. Syaiful Munir. Lalu, dengan dipandu oleh guru-guru pembina, siswa-siswi yang telah ditunjuk sebagai peraga mulai melakasanakan rangkaian kegiatan manasik haji dari awal hingga akhir. Di sisi lain, para siswa yang tidak menjadi peraga, memperhatikan dengan seksama kegiatan manasik haji sambil menjawab lembar soal yang telah disusun oleh pihak madrasah. Soal-soal ini disusun sedemikian rupa,  sehingga para siswa hanya akan mampu menjawab pertanyaan dengan benar jika memperhatikan kegiatan manasik haji dari awal hingga akhir dengan penuh seksama.
Kegiatan manasik haji merupakan agenda rutin tahunan di MTsN 5 Nganjuk untuk memperingati Hari Raya Idul Adha atau juga sering disebut Hari Raya Haji. Hal ini dilakukan untuk memberi pelajaran secara langsung melalui kegiatan praktek haji atau manasik haji. Memberi pelajaran, bukan hanya kepada para siswa, tetapi juga kepada para guru dan karyawan MTsN 5 Nganjuk. Dengan kegiatan manasik haji tersebut, diharapkan mampu memberikan gambaran nyata tentang rangakaian ibadah haji dari awal hingga akhir. Pada akhirnya, kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan kemauan yang kuat bagi seluruh warga MTsN 5 Nganjuk untuk melaksanakan rukun islam yang kelima di Baitullah, Makkah Al-Mukarromah. (ato / Photo : Munir)
Galery:
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut