Kamis, 12 Oktober 2017

KKR MTsN 5 Nganjuk Dampingi Petugas Kesehatan Lakukan Screening Kesehatan Berkala

(MTsN 5  Nganjuk) - Pagi ini, Kamis (12/10/2017), sejumlah anggota Kader Kesehatan Remaja (KKR) MTsN 5 Nganjuk turut mendampingi kegiatan Screening Kesehatan Berkala yang dilakukan oleh Petugas Kesehatan dari Puskesmas Kota Nganjuk. Screening kesehatan atau pemeriksaan kesehatan dilakukan secara rutin dan berkala kepada para Siswa-siswi MTsN 5 Nganjuk atas kerja sama MTsN 5 Nganjuk dan Puskesmas Kota Nganjuk.
KKR MTsN 5 Nganjuk merupakan Kader Kesehatan Remaja yang dibentuk untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pelayanan kesehatan terhadap diri sendiri, keluarga, teman pada khususnya dan madrasah pada umumnya. Mereka  memiliki pengetahuan tentang kesehatan remaja yang mau membantu bersama-sama memecahkan permasalah kesehatan khususnya pada remaja.
Salah satu tujuan terpenting dari screening kesehatan adalah "penjaringan" kesehatan para peserta didik. Maksudnya adalah menjaring dan mendeteksi penyakit yang diderita oleh Siswa-siswi sejak dini. Dengan mengetahui penyakit sejak dini, maka tindakan pengobatan dapat segera dilaksanakan oleh para petugas puskesmas baik pengobatan langsung di madrasah maupun dengan dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.
Seperti biasanya, screening kesehatan diawali dengan pengisian formulir kesehatan oleh Petugas Puskesmas yang dibantu oleh Kader Kesehatan Remaja (KKR) MTsN 5 Nganjuk. Setelah mengisi formulir, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan reproduksi, kesehatan mental emosional, pemeriksaan status gizi, dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan kesehatan fisik meliputi: pemeriksaan kesehatan penglihatan, kesehatan pendengaran,kesehatan gigi dan mulut.
Sementara itu, Kepala MTsN 5 Nganjuk, Sutopo, menekankan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala. Jangan hanya pergi ke puskesmas atau rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan pada saat tubuh sudah terserang penyakit. Contohlah negara maju, dimana masyarakatnya sudah menjadikan pemeriksaan kesehatan berkala/medical check up sebagai gaya hidup. (ato)
Galery: