Sabtu, 07 Oktober 2017

Siswa-siswi MTsN 5 Nganjuk Ikuti Uji Soal Matematika Nalaria Realistik Ke-13

(MTsN 5  Nganjuk) - Kemarin sore, Jum'at (6/10/2017), seluruh siswa kelas khusus MTsN 5 Nganjuk ditambah sejumlah siswa dari kelas regular mulai kelas VII sampai dengan kelas IX mengikuti perhelatan Uji Soal Matematika Nalaria Realistik (MNR) Ke-13 Tahun 2017. Dengan mengikuti kegiatan ini, siswa-siswi MTsN 5 Nganjuk menjadi bagian dari 250 ribu lebih siswa se-Indonesia yang mengikuti Uji Soal Matematika Nalaria Realistik (MNR) Ke-13 Tahun 2017 yang digelar Klinik Pendidikan MIPA (KPM).
Matematika Nalaria Realistik (MNR) merupakan dasar-dasar matematika yang diujikan dalam olimpiade matematika internasional.  Soal-soal yang diujikan sangat menantang dan relatif baru sehingga sangat menarik. Selain itu, hasil dari uji MNR bisa menjadi alat ukur kemampuan siswa sebelum mengikuti kompetisi nasional dan internasional lainnya. Pada uji pra-KMNR serempak ini, siswa diminta menyelesaikan 25 soal dalam waktu satu jam. Siswa dibagi dalam enam level sesuai standar internasional.
Kepala MTsN 5 Nganjuk, Sutopo, menjelaskan bahwa MTsN 5 Nganjuk senantiasa aktif mengikuti kegiatan KMNR dan setiap tahunnya telah berhasil meloloskan sejumlah siswanya masuk babak final KMNR tingkat nasional di Bogor. Melalui uji MNR ini, diharapkan MTsN 5 Nganjuk dapat mengetahui peta kemampuan nalar matematika para siswanya sebagai bahan penyusunan program peningkatan kemampuan dan minat siswa dalam belajar matematika di masa yang akan datang. (ato)
Galery: