Senin, 22 Agustus 2016

Wakamad Bidang Kurikulum MTsN Nganjuk Sampaikan Hasil Sosialisasi Review Kurikulum 2013

(MTsN Nganjuk) - Setiap hari Senin setelah Upacara Bendera, MTsN Nganjuk rutin mengadakan rapat dinas yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan. Kegiatan itu dimanfaatkan untuk menyampaikan segala informasi baik dari Kankemenag Kabupaten, Kanwil maupun dari Kemenag Pusat oleh kepala madrasah. Dalam rapat dinas rutin itu juga sering digunakan untuk membahas program-program madrasah yang harus segera ditindak lanjuti olehpara guru dan karyawan MTsN Nganjuk.
Seperti halnya hari ini, Senin (22/08/2016), rapat dinas kali ini dimanfaat oleh Kepala Madrasah beserta Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Akademik untuk menyampaikan hasil Sosialisasi Review Kurikulum 2013 yang disampaikan oleh Kasi Kurikulum bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, H. Syamsuri, di Premier Inn Hotel Juanda, Sidoarjo pada hari Kamis (18/08/2016) yang lalu.
Menurut wakamad bidang kurikulum, M.A. Rasyid, mengutip apa yang disampaikan oleh Kasi Kurikulum Kakanwil Jatim, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh madrasah berkaitan dengan proses KBM, diantaranya : (1) silahkan madrasah berlomba-lomba mencapai prestasi di bidang kompetisi-kompetisi semisal KSM atau olimpiade-olimpiade lain, namun satu hal jangan dilupakan yaitu pembentukan akhlakul karimah. Sungguh pelajaran berharga bagi guru, siswa, orang tua siswa, dan sekolah dari peristiwa di SMKN 2 Makassar beberapa waktu silam. (2) Silahkan madrasah mengejar prestasi tertinggi di UN maupun UAMBN dengan program-program bimbelnya, namun juga jangan sampai anak-anak lupa sholat (berjamaah). Lagi-lagi, jadilah guru yang patut dicontoh murid dengan kebiasaan sholat berjamaah kita. 
Lebih lanjut, M.A. Rasyid menyampaikan, bahwa Kasi Kurikulum berpesan untuk selalu meng-update isu-isu yang berhubungan dengan kurikulum semisal Permendikbud No. 20 – 23 tahun 2016 serta dasar hukum lain, baik yang diterbitkan oleh Kemendikbud maupun Kemenag. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan, bahwa tidak benar jika dikatakan ada perubahan nama kurikulum dari K-13 menjadi Kurikulum Nasional. Sejak tahun 1948 kurikulum di Indonesia adalah Kurikulum Nasional. Adapun nama, disesuaikan dengan tahun berapa kurikulum tersebut diimplementasikan, misal : kurikulum 1975, kurikulum 1984, kurikulum 1994, dan seterusnya. Sedangkan KBK, KTSP, CBSA dan sebagainya adalah manajemen kurikulumnya.(ato)
Galery:
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut