Senin, 12 Februari 2024

MTsN 5 Menggelar Diklat dan Reorganisasi Ekstra PMR Angkatan 24: Meningkatkan Kader PMR yang Ulet, Cekatan, dan Sigap

(MTsN 5 Nganjuk) Senin (12/2/2024), pada Jumat, 9 Februari 2024, MTsN 5 Nganjuk kembali menggelar kegiatan Diklat dan Reorganisasi Ekstra Palang Merah Remaja (PMR) Angkatan 24 masa bhakti 2023-2024. Acara yang diikuti oleh 29 peserta ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kedisiplinan, dan semangat kemanusiaan para kader PMR.

Dengan mengusung tema "Meningkatkan Kader PMR yang Ulet, Cekatan, dan Sigap Menolong Sesama Manusia", kegiatan diklat berlangsung sehari penuh di MTsN 5 Nganjuk. Para peserta yang terdiri dari siswa dan siswi dengan antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memperkuat kepemimpinan dan keterampilan relawan PMR.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana MTsN 5 Nganjuk, Ibu Erna Rohmah, yang memberikan motivasi dan harapan agar kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas kader PMR. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sesi pembekalan materi yang meliputi pengetahuan dasar PMR, keterampilan pertolongan pertama, dan aspek-aspek kemanusiaan lainnya.

Peserta diklat aktif terlibat dalam berbagai simulasi dan latihan praktis yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis dan non-teknis mereka. Mereka diberikan pengetahuan tentang penanganan korban bencana, pertolongan pertama pada kecelakaan, dan tata cara evakuasi.

Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan proses reorganisasi ekstra PMR untuk Angkatan 24. Pemilihan pengurus baru dilakukan secara demokratis, di mana peserta memiliki kesempatan untuk menunjukkan kapasitas kepemimpinan mereka melalui pemilihan ketua, sekretaris, bendahara, dan perwakilan anggota.

Ketua Panitia, Ibu Saudah Alfina, menyampaikan, "Kegiatan Diklat dan Reorganisasi Ekstra PMR ini diharapkan dapat mencetak kader-kader yang memiliki semangat kepedulian tinggi terhadap sesama, serta memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam memberikan pertolongan pertama pada keadaan darurat."

Acara ditutup dengan sesi evaluasi dan penutupan oleh Pembina Ekstra PMR. Bapak  Mohammad Imron, menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta atas partisipasi dan dedikasinya dalam kegiatan tersebut. "Semoga melalui kegiatan ini, kader PMR MTsN 5 Nganjuk semakin siap dan mampu memberikan bantuan yang cepat dan efektif saat diperlukan," ungkap beliau.

Dengan berakhirnya kegiatan Diklat dan Reorganisasi Ekstra PMR Angkatan 24, diharapkan kader PMR MTsN 5 Nganjuk akan semakin berkualitas dan siap berperan aktif dalam memberikan pelayanan kemanusiaan di masyarakat. (Atoillah/Photo: Zuyyina)