Jumat, 22 April 2016

Peringati Hari Bumi, MTsN Nganjuk Tanam Satu Jiwa Satu Pohon

(MTsN Nganjuk) - Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Hari ini, Jum'at (22/04/2016) MTsN Nganjuk mengadakan kegiatan penanaman pohon dengan tema "Satu Jiwa Satu Pohon". 
Kegiatan penanaman pohon ini diawali dengan apel pagi yang dipimpin langsung oleh kepala madrasah, H.M. Nur Cholis. MTsN Nganjuk berkomitmen besar untuk menjaga bumi tetap hijau dengan cara yang paling sederhana, yaitu dengan membiasakan menanam pohon di lingkungan sekitar tempat tinggal para siswa. Salah satu langkah awal untuk membiasakannya adalah dengan mengadakan kegiatan semacam ini di madrasah. 
Kegiatan ini mempunyai dua manfaat, yang pertama untuk melatih siswa agar terbiasa menanam pohon dan yang kedua adalah dengan menanam pohon di lingkungan sekitar madrasah, maka madrasah akan semakin sejuk dan rindang sehingga suasana belajar akan semakin nyaman.
Kepala MTsN Nganjuk, H.M. Nur Cholis, dalam sambutannya menyampaikan bahwa memelihara lingkungan sekitar seperti menanam pohon adalah sudah menjadi tugas dan kewajiban kita bersama sebagai seorang manusia. Hal ini berkaitan dengan tugas manusia sebagai kholifah di bumi. Salah satu tugas kholifah di bumi adalah memelihara bumi tetap hijau, tetap rindang dan tetap sejuk. Banyak kerusakan di bumi akibat dari ulah manusia, salah satunya adalah pemanas gelobal dan efek rumah kaca. Senyampang hari ini adalah Hari Bumi, mari diawalai dari diri kita sendiri, diawali dari hal-hal kecil dan diwalai dari sekarang, kita bersama-sama menghijaukan bumi sebagai salah satu tugas kita sebagai kholifah di bumi tercinta ini. (ato)
Galery: